marque

Sudahkah Anda membaca Hari ini?

head

Modernitas Telephone genggam

Oleh : Titus Umbu Jr


Perkembangan teknologi yang signifikan tak terelakkan lagi, sebagai produk modernisme, teknologi telah menjadi simbolnya. Salah satunya dapat kita lihat dari perkembangan telephone genggam yang kian merambah hingga kelapisan bawah, telephone genggam tak mengenal kelas dan usia, ia telah menembus segala ambang batas kehidupan sosial masyarakat.
Khusunya di indonesia, perkembangan telephone genggam pesat sejak tahun 1996, hal ini dapat kita lihat dari tajamnya promosi akan telephone genggam yang terdapat di media massa, baik cetak maupun elektrononik. Dari hasil penelitian yang dilakukan Nuraini Juliastuti menunjukkan bahwa, pada tahun 1993 iklan telephone genggam masih sangat minim, koran Tempo memuat hanya satu iklan telephone genggam pada saat itu.
Namun di abad 21 ini iklan-iklan telephone genggam marak kita lihat diberbagai media massa, bahkan ditemui dalam berbagai peristiwa-peristiwa istimewa yang memobilisasi massa ; konser musik, pertandingan olahraga, kesenian, pentas budaya dan sebagainya. Ini menandakan bahwa telephone genggam tidak lagi sebagai barang yang hanya dimiliki oleh kelas menengah atas, melainkan telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.
Pergeseran Makna & Fungsi
Awalnya alat komunikasi ini dihadirkan untuk memudahkan komunikasi antar individu, secara harafiah menjadi pusat komunikasi pribadi anda, (george merson). Namun dalam perkembangannya, revolusi teknologi informasi nirkabel ini jusrtu menciptakan pergeseran bentuk dan makna dari aktifitas komunikasi itu sendiri. Bahkan kehadiran telephone genggam tidak hanya melampaui pergeseran teknologis belaka, melainkan telah mempengaruhi kultur dan mental masyarakat indonesia.
Berbagai survei membuktikan bahwa, kehadiran telephone genggam sebagai “alat” telah berlalu, sekarang telephone genggam telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Seperti diketahui impect dari gaya hidup adalah handphoene tidak hanya sebagai connecting people, melainkan mengekspresikan karakter individu.
Makna dari aktivitas komunikasi telah berkembang luas. Berkomunikasi tidak saja menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan ( Martin Heidegger), melainkan juga menguntungkan. Dengan modal dan tenaga terbatas, didukung oleh revolusi teknologi, kita dapat melakukan komunikasi dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja dan untuk kepentingan apa saja. Ruang dan waktu telah menjadi lentur untuk ditembus, sekat-sekatnya yang dulu begitu kokoh telah hilang oleh teknologi.
Selain pergeseran makna diatas, pergeseran fungsi telephone genggam itu sendiri kian terbentang didalam keseharian kita. Hal ini dapat kita saksikan dalam berbagai merk telephone genggam yang menyediakan kelengkapan multimedia ; galeri foto, vidio, lagu, radio, dll. Kamera telephone genggam telah menghadirkan budaya narsisme pada masyarakat, ia seolah takut akan eksistensi tubuhnya sehingga selalu mengabadikan diri, bahkan tak jarang digunakan untuk foto “bugil”. Vidio telah digunakan untuk menampung berbagai vidio porno yang dapat merusak mental masyarakat. Terbukti dari dua kasus besar yang terjadi di indonesia belakangan ini ; kasus kedatangan Maria Ozawa sebagai pemeran film, disusul kasus yang diduga Aril – Luna Maya dan manusia-manusia lainnya.
Kaum muda merupakan sasaran empuk pasar telephone genggam, tak ayal dampak negatifnya pun tak terbendung. Hasil razia telephone genggam yang dilakukan guru dan kepolisian saat beredar vidio yang diduga aril-luna merupakan bukti nyata. Penemuan vidio porno dalam telephone genggam pelajar diberbagai sekolah merupaka bahaya laten, masifnya perkembangan teknologi ini telah menggiring pelajar dan kaum muda lainnya terjerembab dalam lembah yang menyesatkan. Seperti halnya kita terpacung oleh berbagai fasilitas yang diiming-imingkan oleh teknologi ini. Demam telephone genggam memang merupakan keberhasilan pasar dalam memainkan pikiran masyarakat, sehingga dalam alam bawah sadar kita, bahaya telepohone genggam menghantui diri kita sendiri.
Dari pembahasan diatas dapat kita simpulkan bahwa, semua impect baik posistif maupun negatif adalah keberhasilan modernisme mengkonstruksi gaya hidup masyarakat. Telephone genggam menjadi gaya hidup masyarakat karena konstruk modernisme yang mengidentikkan dengan industrialis-teknologis.
Sebagai himbauan penulis, semoga masyarakat sadar akan makna komunikasi dan fungsi dari telephone genggam itu sendiri. Salam post-modernisme!


Titus Umbu Jr
Mahasiswa ilmu pemerintahan
STPMD"APMD" Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar